Lanjutan Dunia Pergitaran(Efek Gitar)

OK, kalo ini Aku pengen melanjutkan pembahasan tentang Dunia pergitaran. Setelah kemaren membahas tentang Gitarku tercinta, kali ini yang akan Kubahas adalah efek gitar ku.
Mungkin kalian pada tau kalo seorang gitaris lagi manggung tu biasanya ga hanya make satu sound. Tapi bisa bermacam2. Misal pas intro nya akustik, trus pas mulai lagu pake distorsi trus ntar ada suara kayak pesawat nya gitu. Atau sound2 efek yang lain.

Nah, untuk informasi aja bagi yang belum tau, komponen utama seorang gitaris tu ga cuma Gitar ama Ampli doang, tapi ada juga efek gitar yang biasanya diletakin di panggung, jadi ga keliatan. Jadi kalo Kalian liat pemaen gitar kayak nginjek2 sesuatu di panggung tu ya dia lagi ngatur efek gitarnya(Kebanyakan efek gitar yang populer tu yang typenya floor, jadi untuk on/off nya dengan cara nginjek pedal gitu). Tapi 3 komponen itu aja juga ga cukup. Harus ditunjang ama skill yang memadai.

OK, untuk efek gitar Aku udah pengalaman make yang digital Multi efek dan yang manual (stomp box). Untuk yang digital multi efek, waktu itu aku make Korg Ax1000G. Sekilas tentang efek ini, ni efek punya berbagai modulasi yang menurut ku mantep banget. Muali tremolo, Flanger, chorus, Autowah(padahal setauku ini harusnya filter, bukan modulasi), dll. Bodi nya juga bagus,dari besi, jadi kuat. Ni efek bagus banget untuk pemula, soalnya pengaturannya gampang banget. Kekurangan dar efek ini tu sound distorsi nya kurang “nendang” padahal menurutku itu yang penting banget.

Setelah dapet referensi yang cukup Aku akhirnya memutuskan untuk make efek analog (stomp box). Keunggulan efek jenis ini dibanding efek digital adalah 1 sound efek diatur oleh 1″mesin”. Sedangkan kalo efek digital(multi efek) semua sound efeknya diatur satu mesin. Makanya itu yang bikin stomp box lebih mantab!! Tapi kelemahannya pengaturan jadi susah. Karena banyak “mesin” jadi mesti di sinkronisasi dulu.

OK, ini efek yang aku pake sekarang :
- Ibanez WD 7
- Roland FLV 100
- Boss MT2
- Boss OD 20
- Marshall BB 2
- Boss Eq 7
- Boss CH 1
- Boss DD 3

OK, enaknya kita perkenalkan satu persatu. Pertama WD 7. Ni pedal wah keluaran ibanez. Sesuai namanya, ni efek bikin suara gitar jadi “wah wah”. Contoh make nya ni pas mukrab kemaren, pas Aku maenin lagu “Anak sekolah”. Di intronya aku main pake pedal ini. Yang kedua Roland FLV 100, ni pefal untuk ngatur volume dari gitar. Jadi Kita ga perlu ngatur yang di ampli, cukup di pedal ini aja.

Selanjutnya masuk ke bagian distorsi, ada 3 efek disini Boss MT2,Boss OD 20,Marshall BB 2. Untuk yang MT2, ni efek manteb banget. Sesuai namanya “Metal Zone” ni efek emang metal banget. Tapi sayangnya, kalo Kita ngatur distorsinya berlebihan….. Beuughhhh…Suaranya jadi Dangdut Abis!!! Untuk OD 20, ni sebenernya multi efek yang khusus distorsi. Yang paling sering aku pake disini adalah yang DS1. Untuk Booster aku biasa make “Tube Screamer” ama “Lead” untuk nge boost MT2. Selanjutnya Marshall BluesBreaker 2. Ini biasanya kupake cuma untuk nge-boost MT2, ato DS 1. Lumayan, bisa naikin mid tapi agak ngurangin gain sih.

Untuk ngatur equalizer, aku make Boss Eq 7. Disini disediakan 7 band range suara yang bisa diatur. Untuk chorus aku make Boss Ch1, lumayan, bisa nambah bagus sound akustik. Tapi jujur aja aku ga terlalu puas ama yang atu ini. Terakhir efek untuk ngasi suara delay, yaitu Boss DD3. Ini biar suara gitar ga sepi2 banget, apalagi waktu ngambil lead/interlude.

Jadi kalo disusun gini nih:
Gitar –> WD 7 –> MT2 –> OD20 –> BB2 –> –> EQ7 –> FLV 100 –> CH1 –> DD3 –> Ampli

Aku masih punya beberapa efek impian, ini dia:
1. Boss DS1, kalo bisa keeley mod
2. Ibanez TS 9 DX kalo bisa keeley mod juga
3. Strobo stomp tuner
4. MXR Flanger
5. Eventide Time factor
6. Crybaby wah
7 dan pastinya, ampli marshall JCM 900 seru juga kali ya
Hehehehe, banyak juga ya. Tapi ga papa dong, namanya juga impian. Kalo mimpi aja udah ga bisa, apa lagi yang bisa Kita lakukan coba..

Nah, udah kusebutin semua “senjataku” untuk manggung. Kalo yang belum ngerti n pengen nanya bisa langsung tinggalin coment di bawah. OK!?

71 Komentar »

  1. teslacoil berkata

    ” Tapi sayangnya, kalo Kita ngatur distorsinya berlebihan….. Beuughhhh…Suaranya jadi Dangdut Abis!!! ” — > WAKAKAKAKAKA xD

    pan, awa make multiepek jum gfx 5 ama bos ps 5 (harmony)…
    tau plus minus nya? awa beli2 aja karena pengen dulu…
    settingan :

    pgm3 —> [comp][dist][noise reduction][EQ][chorus][delay] –
    –> L >> Ampli 1, R >> Harmonizer >> Ampli 2

    gimana bos? O_o

    • tepan berkata

      @Alam
      Beneran dangdut!! Cobain deh:D

      Hmmm kalo multiplek tu biasanya suara modulasinya pasti banyak pilihan. Apalagi zoom, dulu pernah nyobain yang GFX 8 tu sound akustik nya bagus.

      Itu yang L ama R maksudnya left/Right? Mmm bukannya bagusnya kalo dipasang di send/return ya?

      Kalo kekuranganya biasanya Multi Efek tu distorsinya kurang. Jadi kalo Aku saranin, distorsinya dari luar aja, pake DS 1 gitu(menurutku DS1 bagus). Trus modulasi ama delaynya ambil dari GFX 5.

      Gmana tu Bos?

  2. ibngtr berkata

    wwoh…

    tpi epek awa ga ada send return D:
    masih cupox

    mending boss DS-1 apa marshall Jackhammer, pan :-?

    • tepan berkata

      @Alam
      Oalah, itu L/R yang di efek ya.

      Wah, kalo aku jelas milih DS1. Menurutku itu efek distorsi yang paling mantep lah. Yang make DS 1 tu Vai, Satriani, ama Petrucci. Kayaknya itu dah nunjukin gmana mantepnya DS1 ini:D

      Tapi mending coba dulu, trus rasain Lu lebih suka yang mana. Selera kan beda2.

  3. Vanachrish berkata

    Pilih MT2 ato DS1..??
    Alesannya..?? (Panjang lebar, lbh bagus.. Hehe..)

    Dtggu jwbn’nya..

    Thx Master-master guitar..

  4. Teddy Pandu berkata

    @Ivan
    Kalo Aku lebih suka DS1. Soalnya variasi/range suaranya lebih luas. Walopun pengaturannya cuma Tone ama Dist doang, tapi itu udah bisa ngecover semua suara(menurutku lo ya). Kalau MT 2 tu bagus sih sebenernya, tapi kyaknya karena udah terkenal, jadi banyak yang make ama banyak yang niru/di modelkan(di setiap multi efek pasti ada tu), jadi suaranya terkesan murahan.

    DS1 tu suara distorsinya lebih ear-catching, maksudnya lebih enak diterima telinga. Jadi mau main musik apa aja, distorsinya masih cocok. Kalo MT2, untuk dipake main musik Blues tu kurang masuk suaranya. Atau kalo mau dipake main classic Rock macam Deep Purple, Queen, dll, distorsinya terlalu “basah.”

    Jadi karena itulah aku lebih milih DS1.

    Kalo ada yang mau ditanya, tanya lewat sini aja juga bisa Bro.

    Moga berguna ya.

    • sar dave schizoe berkata

      kalo MT 2 dipake main macam lamb of god atau slipknot bisa gk??

      • Teddy Pandu berkata

        Kayaknya kurang Bos. Menurut saya kurang deep :)

  5. bobo berkata

    ok bro aku juga pengguna efek gitar analog kalo di kota solo dikenal dengan efek kodok kodokan, aku juga pernah pakai korg ax 1000, ax 1500, zoom 606. zoom gfx 5, tapi kalau soal sound tetep keren yang analog

  6. robby arthabilla berkata

    aku pake ax1500 gak tau setting yang mendekati kriteria nge-band. gmn ya setting nya?

  7. yudistira berkata

    Bro semua kalo aku pakai gitar Parker Nitefly made in USA dengan carbon neck
    Untuk efek aku serahkan pakai analog, neh susunannya:
    Gitar>>OC-2>>Cry Baby Pedal Wah>>NS-2 (looping0>>MT-2>>
    TS-9>>DS-1>>GE-7>>NS-2>>CH-1>>DD-3>>Peavy transtube amp
    Wah…kalo suaranya maknyus tenan bos…
    Kalo pas lagi rthym aku pake TS-9>>DS-1
    Kalo pas lagi nglead aku pake MT-2>>TS-9>>DS-1>>GE-7>>
    CH-1>>DD-3>>terkadang aku tambah pake OC-2 kalo mau suara tebel atau naik 1-2 octav…atau pakai cry baby…mantapssss…kenapa aku pakai MT-2 karena waktu nglead enak bgt buat nambah sustain jadi panjangggggg and ngrock abis…
    Selamat mencoba ya….
    Kalo bingung hub aku aja di ytira@yahoo.com

    • Teddy Pandu berkata

      Wah keren nih! Saya juga rencananya pingin mengubah susunan efek saya supaya lebih efisien nih :)

  8. roshiiido berkata

    Maaf aku br pemula banget nih..bermain-main effek..
    Aku pnya Efek Multi BOSS GT 10, tapi ku punya kendala untuk mengotak atik effek tersebut spy suaranya bagus… Pernah make effek ni g?? gmn sc tekhnik maininnya??

    • Teddy Pandu berkata

      Wah, kalo GT 10 mah pasti ribet banget. Pake settingan deafult aja dulu. Trus lu rasain, yang kurang apanya, misalnya mid nya ato apanya gitu

  9. dodi berkata

    wahhh keren abis efeck nya bayak bgt boosss,,!!!!g kebyang gmna ngatur sound ampli nnya…hehehhe……..maenin metal zone juga g kaya dangdut….wahh benr benr jago nih orang….keren abissss broo,,,,,gua pngen nnya klu metal zone tuh cara ngatur sound nya gmna biar g kaya sound dangdut…soalnya gua biasa pake digital……thanks ya broo

  10. dodi berkata

    wahhh keren abis efeck nya bayak bgt boosss,,!!!!g kebyang gmna ngatur sound ampli nnya…hehehhe……..maenin metal zone juga g kaya dangdut….wahh benr benr jago nih orang….keren abissss broo,,,,,gua pngen nnya klu metal zone tuh cara ngatur sound nya gmna biar g kaya sound dangdut…soalnya gua biasa pake digital……thanks ya broo ?????

  11. robby berkata

    setting ax1500 agar ngerock gimana ya?

    • Teddy Pandu berkata

      Biasanya gw pake yang metal, ato yang seattle, drive nya pastinya ditinggiin

  12. Backtie berkata

    sdikit crita..
    gw prnah di studio sdr gw pake efek POD XT LIVE

    pas gw setting default di Jazz Clean itu udh bagus bgt..
    tp pas gw balik lg settingannya jd brantakan gtu dh ama orang..
    hahaha..

    tp knp ya gw prnah ikut festival” gitu..kbetulan gw bawa efek tmn gw..BOSS GT 8..

    nyetingnya..buseet..susaah bgt..
    ga tau caranya..
    Hahaha..

    gmn sih cra’y

    • Teddy Pandu berkata

      Wah, mas, Boss emang terkenal ribet setting nya. Dulu aku juga pernah liat temen pake GT8, emang ribet.

  13. dedek berkata

    bisa liat foto rakitannya gx??? hehe!!! keren mas!!!

    • Teddy Pandu berkata

      Wah, kalo rakitannya baru power supplynya aja. Kalo efeknya sih belum susah nyari part nya

  14. hendra berkata

    mas bozz smw…numpang tanya…
    gmna ya cara maenin ax 1500 maklum lah aku msih pemula gk otak atik effek ini.

  15. billy berkata

    gw punya zoom g7.1ut tapi masi rada bingung bikin sound yang bagus gitu. bisa dibantu saudara2 skalian? hehe
    influence: paramore, boys like girls, all time low, 30 secnds to mars, dashboard confessional

  16. billy berkata

    o iya nambahin lagi. gw juga demen sama sound delay gitu kyk kings and queensnya 30 seconds to mars. hehe. thx

  17. robby berkata

    mas kalau pake hard rock sama blues, enaknya pake vox tonelab st or pake ds 1 + BD 2 ?

    • Teddy Pandu berkata

      Saya belum pernah pake Vox mas. Lebih seneng pake Stomp box. Dan menurut saya DS1 yang di Bost sama BD2 mantap!!

  18. John Johannes Rijadi berkata

    Mau numpang tanya bro….
    Saya masih pemula dlm penggunaan efek stompbox.
    Saya punya 7 stompbox (Ibanez WD-7, Boss NS-1, SD-1, MT-2, GE-7, Ibanez CF-7, DD-2). Bagaimana menyusunnya supaya dapat suara yang bagus & maksimal.
    Terus saya suka banget lagu2 Iron Maiden. Bagaimana setting MT-2 supaya menghasilkan suara Heavy Metal mirip Iron Maiden atau grup2 hevay metal lainnya.
    Terima kasih byk atas sarannya.

    JOHN

    • Teddy Pandu berkata

      Gini Mas, klau nyusun efek itu yang saya tau deafultnya begini : Gitar, tuner,Filter(bisa berupa flange, phaser, atau wah),trus distorsi, overdrive, volume, Eq, modulation(chorus), trus terakhir delay.

      Jadi menurut saya kalo punya mas itu nyusunnya : Gitar -> WD7 -> MT2 -> SD1 -> NS1 -> GE7 -> CF7 -> DD2

      Kalau untuk pemakaian MT 2, saran saya mid nya digedein. Trus high sama low nya dikira2 aja biar ga terlalu tajam. Sedangkan untuk distorsinya jangan besar2. Setengah atau 3/4 aja biar suarnya masih nendang.

      Semoga membantu ya.

  19. jojacky berkata

    wah.., klo yg digital, gw g mudeng, udah tulalit ni otak.. lebih asik yang manual..lebih enak settingnya n distorsinya memang lebih nendang ( MT2)..; q cuma pake 2 aja : gitar => MT 2 => delay dd-3,..selebihnya cuma sklill aja.., g sia2 ..lumayan udah diakui ni negara kumpeni biarpun cuma 2 efek aja..; pa kabar gitaris indonesia.?.. keep rockin’ guys…

    • Teddy Pandu berkata

      Wah, lagi di Belanda Bos?? Seru nih kayaknya di sana, bisa nyari gear lebih mudah. Kalo di Indonesia mau nyariuk gear2 tertentus susah banget :(

      Musik Indonesia lagi ga bersahabat, musiknya pada Alay semua :(

  20. nikking berkata

    ommm saya mau tanya ……. perbedaan efek multi dan manual itu apa ommm…. dan pengarung ke suaranya itu gimana..enakan yang multi apa yg manual…

    • Teddy Pandu berkata

      Multi efek tu 1 efek gitar dengan banyak jenis suara(efek) di dalamnya. Contohnya kayak Line 6 XT Live Line 6 HD500, Boss GT 10 :)

      Manual tu maksudnya stomp box kali ya. Kalo stomp box itu satu alat cuma punya 1 jenis suara. Yang stomp box biasanya lebih flexible, dalam arti, kita bisa beli suara yang kita mau aja, Kita juga bisa lebih enak explorasi suaranya :) Kalo yang multi kita bisa dapat banyak jenis suara. Tapi kadang suara yang “ga penting” juga kita dapetin.

      Chain(susunan efek) di multi biasanya ga bisa diubah urutannya(kecuali di beberapa Multi efek yang bagus kayak 11rack atau Line6 HD 500).

      Wah, kalo enak ya relatif Bro :)
      Tapi Menurut saya stomp box suaranya lebih nendang. Lebih seru explorasi suaranya. Tapi ya kadang bisa dapet bagus, kadang juga jelek :) Tapi justru disitu seni nya :)

  21. billy berkata

    gan gua tertarik ma setingan efek loe . . . cuman berapa ya harga per item nya hehheee . .tlg info nya dunk gan . . hheeheee . . . .

    • Teddy Pandu berkata

      Harganya bervariasi. Dari 100 ribuan sampe 1,1 juta. Ada yang murah, soalnya ane belinya second. Yang baru cuma OD 20, DD3 sama CH 1 :)

    • Teddy Pandu berkata

      Harganya bervariasi. Dari 100 ribuan sampe 1,1 juta. Ada yang murah, soalnya ane belinya second. Yang baru cuma OD 20, DD3 sama CH 1 :)

  22. Andre Rhu berkata

    Aku pake efek Korg AX1000 , pengen gnti pake efek kodok kira-kira pake apa aja yaa….
    Yang pass, sama harganya kalo perlu master ???

    Makasih
    Blz lewat Email master

  23. verdi berkata

    suara efek gw garing dan renyah gan,,enak didger,lw suaranya udh masuk keotak,psti susah buat keluarnya…smpe2 bikin gw ketagihan gan…..heeehehehehe

    bikin q jadi terharu….HIksHiksssshiksssss

  24. noel20 berkata

    mas masterofguitar, namaku noel. aku msih pemula dlm bergitar, masih tgh2 bljr scale. butuh nasehat dan petuah2 soal effect neh….
    aku pake fender telecaster, mainnya britpop coldplay, snowpatrol, oasis dan alt.rock 30secondtomars, LP, … sesekali heavyrock.
    tapi blm punya effect, :-P (kalo main mesti pinjem tmn).
    aku pernah pake’ & tertarik sama effect analog/kodok2an,
    mungkin sampeyan bisa kasi info, effect analog apa yg cocok buat selera musikku ini.

    thanx,

    Noel

    • Teddy Pandu berkata

      Kalo britpop, berarti yang distorsinya light aja. Mungkin lebih OK kalo overdrive. Yang OK tu Ibanez Tube screamer. Ada 4 macem, TS 808, TS9, TS9DX, sama TS HW. Cobain aja, mana yang menurut ente enak :)

  25. bro, punya setting distorsi yang ok ga bro buat boss GT-10? ga sempet ngotak atiknya nih…

  26. Klo gua pke AX 1500,, mantap bneran suarax,, klo org2 bilang distorsx kurang i2 krna mereka tdk pandai menyettingx…ane suka mainin lgux metallica entersandman, andra lagi n lagi, Triad SMK, dlll dehhh mantap bner..

  27. newan berkata

    Gan alam…
    kira” abis biaya brpa ya buat bkin stompbox standar atau yg agn bkin d ats…??

  28. Gan/ Master Master tolong dong minta pendapat nih pengen pake stombox tapi modelnya pengen kaya :
    1. STEVE VAI ( ngambil Melody nya) kaya suara uwaw uwaw gtu :D
    2. JOHN PETRUCCI (ngambil Rhytm nya)

    Minta saran yah master2 saya belum terlalu mengenal effect hehe

    • Teddy Pandu berkata

      Vai(dulu) dan petrucci dua2nya make DS1 dari boss. Cuma kalo vai, pakai yang versi modifikasi dari analogman, sedangkan petrucci modifikasi dari keeleey. Petrucci juga pakai MT2 keeleey mod. Jdi kalau mau dapat sound yang mirip, coba kedua efek itu, dan pinter2 setting ampli jg tentunya :) kalau sekarang sih vai pake Jemini, banyak yan bilang itu terinspirasi DS 1 juga :)

  29. roory andesta berkata

    Brow, mo tanya cara Restore Default zoom 606 gmn ea, n buat studio para pemula enakan pake effex apa’an

    • Teddy Pandu berkata

      Saya belum pernah pake zoom. Pernah pake sih, tapi pinjem, hehehe. Efek korg menurut saya cocok untuk pemula. Settingnya super simple dan sound nya mantap. Saran saya coba ax1500′ato ax1000. Aziz jamrud aja make ni efek(ax1000), untuk manggung sekalipun. Semoga bisa membantu ya :)

  30. postpandaboy berkata

    halo gan. maun tanya dong seputar DS1 yang katanya bagus distorsinya. gua kan seringnya main pop-punk atau semacam modern rock paramore gitu deh. tapi, kalo make DS1 terlalu kresek-kresek. kok menurut gue distorsinya kurang alus. entah, gua yang kurang bisa setting sound DS1 atau gmn yah? trus katanya kalo DS1 agak rewel yah. maksudnya gak semua ampli bisa ngeluarin suara DS1 yang bagus. mohon pencerahannya gan. trims

    • Teddy Pandu berkata

      Hmmm.. Saya masih agak bingung dengan distorsi yang kurang alus.. Kalo alus mah bukan distorsi:D tapi kalau mau nyoba distorsi lain yang sering dipakai, coba pakai MT2. Saya punya MT 2 dari lama, dan masih saya pakai. Kalo urusan rewel, saya kurang tau ya mas, masalahnya saya belum pernah ada kendala selama make. Mungkin bisa tanya ke teman2 lain yang lebih berpengalaman, maaf kalau kurang bisa membantu :)

  31. ari berkata

    gan cara menyetel efek zoom G1 gmn sh ? spy distorsinya mantappp..thx

  32. Agil berkata

    Gan tolong bikinin gambar setingan zoom GFX 8 gan susah cari sura mantab nya, dan kalau buat recod nya tekan tombol apa Gan.

    tolong jawaban nya Gan

  33. yogagates berkata

    mas kira efek yang cocok bwat ngerock dan murah apa mas ya??
    ya ngerock nya itu kya avenged gitu mas.

    • Teddy Pandu berkata

      Coba ds-1 deh. Harganya cukup murah, 400 ribuan. Semoga membantu:)

  34. yusak berkata

    dari pertanyaan teman2 disini,kok teman2 banyak yg kesulitan pakai Boss GT ya. Aku ada pengalaman ni. Aku pernah pakai gt dari gt 3 sampe gt 8. Nyetingnya sebenarnya gak terlalu ribet sih. Gt kalau kita lihat ada amp simulator, stompbox simulator, eq, modulasi (chorus dll) dan delay reverb. Kita mulai dari pemahaman susunan analog. Gitar + stompbox+amply. Ini rangkaian yg paling sederhana. Dari gt pilih menu amp, mau pakai apa. Lainnya matikan dulu. Jadi seolah2 kita pakai gitar langsung colok amply. Atur gain, volume, low mid high sesuai karakter yg di maui. Mungkin yg teman2 bilang ribet itu masuk ke menu2nya ya. Dah itu dulu nanti kapan2 saya lanjutkan. Jadi berpikirlah dari pemahaman susunan efek analog..

    • Teddy Pandu berkata

      Yap, bener banget! Dulu jaman masih sma, kebanyakan teman2 pakai korg ax 1000 atau yang paling pol pake zoom gfx 8. Kebetulan ada teman saya yang beli gt 8. Tapi sama dia malah ga pernah dipake karena susah settingnya. Ga tau kalo di tempat lain, tapi kebanyakan teman2 saya dulu pake nya efek digital karena ga mau repot. Pingin praktis, suara banyak, gampang dibawa-bawa. Mungkin karena mindsetnya udah efek digital, jadi kurang mau untuk belajar efek analog.

      Terima kasih ya share nya :)

      • yusak berkata

        dari baca2 dan share ma teman2, katanya mindset yg bener itu berawal dari gitar langsung colok amply aja. Itu juga yg saya lakukan. Aku sering main di resto. Tapi banyak terinfluence gitaris jadul seangkatan blackmore, page, keith richard. Mereka cuma mengandalkan distorsi dari head amply mereka. Sekarang Stompbox macam ds,od, ts sering ditambahkan didepan preamp untuk nambah gain. Itu dulu aja nanti disambung. Moga ada manfaat utk teman2 lain.

      • Teddy Pandu berkata

        Dan menurut saya, distorsi dari ampli emang lebih responsif. Trasa banget bedanya. Saya juga terpengaruh gitaris lama, tapi menjurus ke lues, maklum, bapak saya dulu ndengerinnya itu :)

  35. mr.jack berkata

    Dear All Mas Bro,
    Mau tanya settingan efeknya buat sound lagunya andra and the backbound “Surrender” dunk… :-)
    Terus ada gak ya link/alamat web yang ngasih tau setingan2 efek sound lagu2 rock,dll??biar gak capek2 ngutak-ngatik efek….tell me dunk mas brow….thx

    • Teddy Pandu berkata

      Kalo setting untuk lagunya Andra, saya kurang tau nih Bro.
      Kalau settingan efek gitaris dunia, coba aja Googling misalnya Paul Gilbert gig, atau Steve Vai pedalboard. Ada yang ngasi skemanya juga tuh.

  36. Excellent blog right here! Also your web site
    lots up very fast! What host are you the use of? Can I get your associate hyperlink to your host?
    I desire my website loaded up as fast as yours lol.

  37. ruslan berkata

    waahh..yang komen udah para master semua ini kayaknya..smpe aku aja banyak gak au istilah2nya..hehe..maklum PEMULA..
    mau tanya bro..aku kok kalo maen gitar di studio bunyinya itu gak keren sama sekali,,melodipun suaranya gak kedengeran,,padahal volumenya udah full..sumpah ini gak ngerti aku bro..sampe ngebandpun gak semangat kalo gini..mohon bantuannya bro..

    • Teddy Pandu berkata

      Halo bro Ruslan,
      Kalo masalah di studio, bisa aja karena amplinya udah jelek karena kurang perawatan. Bisa juga operatornya kurang ngerti ngatur mixer nya.

      • Esa Mubaìns berkata

        Bray,, gw mw tnya neeh,,
        kl beli gitar Buckethead (gitarist solo)
        itoe dmn ye?
        Swl’y gitar yg d pkai Buckethead itoe
        Cool bgt…

      • Teddy Pandu berkata

        Buckethead mantan gitaris nya GnR? Wah, kurang tau bos. Tapi kalo mau, bisa bikin di Stranough.

  38. Ernest berkata

    Alloooowww everybody, …. Join utk konsultasi,…. saya mau karakter efek gitar saya seperti karakter suara rock-metal modern….. Tapi efek saya Hny korg ax 3000g, EQ stomp box, sustainer cs3, metal zone, ….. Saya harap bantuannya utk beri petunjuk utk setingan efek saya…..utk gitar saya gunakan gitar rockwell dgn pick up dimarzio d sonic ( double (bridge) dan Single coil pick up seymour Duncan for neck…..Gmn? thanks sebelumnya…..salam rock is Never die……

    • Teddy Pandu berkata

      Halo Ernest!
      Wah, keren2 nih gearnya!
      Saya pernah pake ax1000g, distorsi yang menurut saya mantap tu Seattle. Ga tau dh di ax3000g masih ada apa ga.

      Kalo settingan EQ, biasanya metal tu treble dan bassnya ditinggiin. Tapi jadinya kurang ok pas solo, jadi mending eq buat ngeboost pas solo, mid nya yg ditinggiin. Atau metal zone di boost sama salah satu overdrive di ax3000 nya. Soalnya kalo metal zone doang, suaranya pasti dangdut banget.

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 38 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: